Pilihan 1, Pilihan 2, Pilihan 3 dalam Seleksi CPNS

Besok pengumuman kelulusan CPNS di instansi tempatku bekerja. Jadi..kira-kira sudah 1 bulan lebih 3 minggu  para peserta tes menunggu kepastian apakah mereka lulus CPNS atau tidak. Menurutku waktunya terlalu lama, seharusnya hasil peserta yang lulus bisa segera diketahui karena sekarang menggunakan sistem CAT dimana peserta tes langsung dapat mengetahui nilainya sesaat setelah ujian pada hari itu juga. Cuma…pengumuman yang dipasang tidak memuat kolom formasi yang dilamar. Jadi tidak diketahui peserta lain yang rangkingnya di atas atau di bawahnya melamar formasi apa. Padahal untuk mengetahui lulus atau tidak, seorang peserta harus tahu siapa saja peserta yang melamar formasi yang sama dan berapa nilainya.

Sama halnya dengan para peserta, kami Tim di daerah juga tidak bisa langsung tahu siapa saja yang lulus. Setelah ujian itu kami hanya menerima print out pengumuman rangking per sesi, tanpa kolom formasi yang dilamar. Setahuku, softcopy daftar nilai disimpan oleh Tim dari BKN kemudian diserahkan ke Panselnas untuk diolah/dirangking per formasi yang hasilnya kamipun juga harus menunggu.

Aku ga sabar menunggu, penasaran juga siapa nanti yang akan lulus CPNS. Malamnya setelah ujian CPNS selesai, aku buat perangkingan. Printout rangking per sesi sudah kami scan dan disimpan dalam format gambar. File gambar diconvert ke excel. Jadilah kolom-kolom excel terdiri dari no ujian, nama dan nilai. Untuk menyisipkan formasi yang dilamar, dilink dengan data pelamar yang kami miliki. Jadi deh. Akhirnya kami punya prediksi peserta yang lulus.

Kemarin kami terima hasil perangkingan per formasi dari Panselnas. Ternyata prediksi kami ada beberapa orang yang meleset. Prediksi kami mereka lulus, tetapi di rangking Panselnas tidak. Ternyata model perangkingan Panselnas berbeda.

Jadi begini… baru tahun ini setiap pelamar boleh melamar sampai 3 formasi selama kualifikasi pendidikan sesuai yang dipersyaratkan. Misalnya peserta bernama Dina, pendidikan S.1 Akuntansi formasi pilihan 1 Auditor, pilihan 2 Pengadministrasi Umum, pilihan 3 Pengadministrasi Keuangan. Score nilai 370.

versi kami :
– Formasi auditor hanya dibutuhkan 1 orang. Dina dengan score 370 di urutan ke 2. Sudah pasti Dina tidak lulus di formasi auditor.
– Formasi pengadministrasi umum dibutuhkan 3 orang. Dina dengan score 370 di urutan ke 1. Maka Dina dinyatakan lulus CPNS dengan formasi pengadministrasi umum.

versi Panselnas :
– Peserta yang memilih pilihan 1 diprioritaskan walaupun memiliki score lebih rendah dibanding peserta lain yang memilih sebagai pilihan 2 atau 3. Jadi… Diyah dengan score 370 tidak lulus auditor dan juga tidak lulus CPNS. Walaupun pengadministrasi umum Diyah di urutan pertama, tetapi formasi itu adalah pilihan 2. Selama peserta lain yang memilih pengadministrasi umum sebagai pilihan 1 memenuhi kuota, maka Diyah tidak punya kesempatan untuk lulus di formasi pilihan 2, begitu juga dengan pilihan 3.

Hehe bisa dibilang kami terlambat membaca peraturannya. Ketentuan tersebut ada di Peraturan Menpan RB Nomor 17 Tahun 2014 tentang Tambahan Alokasi Formasi dan Pengadaan CPNS Tahun 2014. Menurutku sih kalau ketentuannya seperti ini lebih baik dari awal pendaftaran tidak usah ada pilihan 2 dan seterusnya…
Kasian juga kalau ada peserta seperti si Dina. Semoga peserta yang belum lulus terutama yang bernasib sama seperti Dina diberi kesabaran dan hati yang legowo, semoga Allah memberikan pekerjaan yang jauh lebih baik. Insya Allah masih terbuka kesempatan untuk ikut seleksi CPNS di tahun-tahun mendatang, karena mereka masih muda-muda 🙂

Advertisements

3 Comments

  1. amaq aziz

    dan semoga aturan baru itu dimengerti ama orang lain sepeti dina. dan mestinya aturan baru disosialisasikan biar gak jadi persangkaan

    Like

  2. Bagaimana nih hasilnya? semoga itu yang terbaik ya 🙂 sukses selalu

    Like

  3. pantas saya agak bingung, blog yg sebelumnya jg punya mbak yanti ya 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

˙·•● Irila's Logo ●•·

.::|Ikatlah Ilmu dengan Tulisan (di Blog juga boleh..) : ) |::.

Galeri Siswa

parade karya siswa man 2 banjarnegara

A Rindu Istiqomah

Perempuan Di Jalan Hijrah

37degree

- bukan hujan yg harus disalahkan atau pelangi yg tak kunjung datang -

IrfanAndi|Blog

#belajar, hingga tetes embun terakhir

Catatan Seorang PN

Just another WordPress.com site

Forty and beyond

randomness of a woman

Try To Be Better

Tiada hari tanpa sebuah karya positif

Litle Notes

Nafas Ruhani Memberi Kesegaran Hati

Rindrianie's Blog

Just being me

Bunda Keisya

Just another WordPress.com weblog

%d bloggers like this: