CPNS Mengundurkan Diri Tahun Ini

Senang rasanya kalau ada peserta yang lulus tes CPNS mengundurkan diri. Artinya saya punya tugas untuk mengabarkan berita gembira kepada peserta tes yang menduduki urutan di bawahnya 🙂  Sesuai peraturan yang berlaku bahwa peserta lulus yang mengundurkan diri akan digantikan peserta yang menduduki rangking di bawahnya. Dengan catatan yang nilainya memenuhi passing grade.

Tapi sayang… tahun ini berita gembira itu tidak bisa saya berikan kepada siapapun. Kecewa juga rasanya. 2 formasi kosong karena ada peserta yang mengundurkan diri. Tak ada penggantinya.

Orang pertama.
Formasi pengawas tenaga kerja. Mengundurkan diri karena diterima di Pertamina.

Orang kedua.
Peserta formasi pengawas tenaga kerja hanya 3 orang yang memenuhi passing grade. Dibutuhkan 2 orang. Karena yang satu tadi mengundurkan diri maka tinggal 1 orang harapan kami. Dengan rasa gembira saya hubungi orang tersebut. Ternyata orang itu sedang bekerja di Kalimantan. Tak ada ekspresi bahagia dari balasan sms nya. Hanya mengabarkan akan dipertimbangkan dengan keluarga dulu.
Orang ini sudah bekerja 7 tahun di Kalimantan, pegawai tetap di perusahaan swasta batubara. Istrinya tinggal di Demak. Dia bilang sebenarnya pilih CPNS nya karena bisa dekat dengan anak istri.
Setelah memantapkan hatinya akhirnya orang ini ikut pemberkasan penetapan NIP. Dia pun tetap hadir di acara penyerahan SK CPNS. Dia pun tetap menghadap ke Kepala Dinas Tenaga Kerja, unit kerja penempatannya. Tapi… dia minta waktu 1 bulan lagi untuk menyelesaikan pekerjaannya di Kalimantan baru bisa mulai bekerja sebagai CPNS. Kepala Dinas sepertinya tidak mau kompromi. Akhirnya orang ini mnegundurkan diri….
Sesuai peraturan yang berlaku… kalau ada yang mengundurkan diri tetapi sudah menerima SK CPNS/ sudah dapat NIP dan sudah diangkat CPNS maka…diberhentikan dengan hormat dengan SK Pemberhentian dan tidak bisa diganti peserta rangking di bawahnya. Kebetulan memang sudah tidak ada peserta rangking di bawah orang ini yang memenuhi passing grade. Cuma kan tetep eman-eman formasinya kosong…
What if…
Seandainya Kepala Dinas itu mau kompromi memberi waktu 1 bulan kepada orang ini untuk mnyelesaikan urusannya, apakah orang ini sebulan kemudian akan kembali?
Saya takut kalau jawabannya “Iya”. Mungkin dia benar-benar menginginkan CPNS. Bisa dekat dengan keluarga bukankah itu kebahagiaan yang tak terhingga? Bukankah jauh dari keluarga itu merana?… Mungkin memang ada sesuatu hal yang harus dia selesaikan dulu berkaitan dengan pekerjaannya di Kalimantan. Saya malah berandai-andai… mungkin dia menunggu pesangon. Perusahaannya mensyaratkan dia harus sebulan lagi bekerja baru bisa dapat pesangon. Keluarganya mungkin sedang butuh uang sekali sehingga dia kejar pesangon itu. Mungkin keluarganya sedang terlilit hutang?? Kasihan juga kan…

Orang Ketiga
Formasi Analis Pembangunan. Sebelumnya tak ada tanda-tanda kalau orang ini akan mengundurkan diri. Padahal waktu acara penjelasan pemberkasan penetapan NIP, Big Bos saya sudah menegaskan berulang-ulang, “Bagi peserta lulus tes CPNS yang akan mengundurkan diri mohon segera lapor” tak ada yang lapor saat itu. Orang ini pun datang pada saat pemberkasan penetapan NIP, menyerahkan semua kelengkapan persyaratan.
Saat acara penyerahan SK CPNS orang ini tidak hadir. Kami coba hubungi tapi nomor hpnya tidak aktif. Seminggu setelah tak ada kabar, kami menyurati yang bersangkutan untuk segera mengambil SK CPNS. Ternyata orang ini sudah bekerja di BUMN.
Berdasarkan cerita dari keluarganya, pengumuman lulus BUMN itu sebelum pengumuman lulus CPNS. Tapi kok orang ini tidak segera lapor??? malah tetap ikut pemberkasan.
Orang ini sudah ikut pemberkasan. Sudah ditetapkan NIP nya. Sudah diangkat menjadi CPNS baru mengundurkan diri. Kasihan kan peserta yang rangking di bawahnya… tidak ada peluang untuk menggantikan.
What if…
Kalau orang ini mengundurkan diri sebelum diangkat CPNS, masih bisa digantikan peserta rangking di bawahnya. Saya ingin tahu siapa peserta itu… peserta yang benar-benar menginginkan jadi CPNS, yang saya tahu persis sebenarnya dia bisa sebagai penggannti, seharusnya dia bisa jadi CPNS tapi terpatahkan gara-gara orang ini. Saya runtut ke bawah…
Sebut saja namanya Agung. lulusan Teknik Sipil UGM. Saya cari tahu facebooknya. Di profilnya disebutkan “bekerja di Kementerian PU”. Oh… berarti kalau dia jadi pengganti yang lulus mungkin akan mengundurkan diri juga. Anggap saja begitu. Berarti yang seharusnya jadi CPNS peserta yang rangkingnya di bawah Agung… mungkin saja…atau mungkin peserta di bawahnya lagi… entahlah. Mungkin seseorang yang kerjanya belum mapan yang sangat menginginkan menjadi CPNS. Semoga seseorang ini mendapat ganti dari Allah sesuatu yang lebih baik. Jika memang takdirNya tidak menjadi seorang PNS, Allah pasti akan memberi riskiNya dalam bentuk lain… bisa jadi Allah menganugrahinya anak yang sholeh dan sholehah, sehat, pintar, berakhlak mulia, yang kelak di kemudian hari ditaqdirkan menjadi seorang pejabat di negeri ini 🙂 Aamiin…

Advertisements

2 Comments

  1. dian

    Maaf mba /mas, diatas disebutkan klo ada yg sudah mendaoatkan nip kemudian mengunfutkan diri ada konsekuensinya ga? Kayakny enak bgt maen undur diri gitu aj?

    Like

  2. Yan

    penerimaan cpns pada tahun-tahun sebelumnya bagi pelamar yang sudah dapat NIP kemudian mengundurkan diri dikenakan pinalti. Besarnya pinalti tiap instansi berbeda-beda tergantung kebuijakan masing2 isntansi. Tapi pada penerimaan CPNS formasi tahun 2014 di daerah kami dan sekitarnya ketentuan pinalti ini dihapuskan. Jadi mereka yang sy critakan di atas tdk menerima konsekuensi apapun 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

˙·•● Irila's Logo ●•·

.::|Ikatlah Ilmu dengan Tulisan (di Blog juga boleh..) : ) |::.

Galeri Siswa

parade karya siswa man 2 banjarnegara

A Rindu Istiqomah

Perempuan Di Jalan Hijrah

37degree

- bukan hujan yg harus disalahkan atau pelangi yg tak kunjung datang -

IrfanAndi|Blog

#belajar, hingga tetes embun terakhir

Catatan Seorang PN

Just another WordPress.com site

Forty and beyond

randomness of a woman

Try To Be Better

Tiada hari tanpa sebuah karya positif

Litle Notes

Nafas Ruhani Memberi Kesegaran Hati

Rindrianie's Blog

Just being me

Bunda Keisya

Just another WordPress.com weblog

%d bloggers like this: